Selasa, 15 Januari 2013

aSaGaYa Japanese Food and Culture

Hello Tuesday.
Hm, masih terngiang-ngiang sama kerjaan gw dulu. Gw ingat beberapa hari sebelum resign, gw sempat bantu project partner buat bikin udon, salah satu mie yang berasal dari Jepang. Berkali-kali buat tapi kata bos tekstur-nya belum mirip kaya udon yang dia makan di Jepang. Gw sendiri sebenarnya penasaran banget, udon yang asli tuh kaya apa sih?

Nah, kalau mau makan udon, sekarang ini di Jogja udah banyak banget dan menjamur rumah makan yang menyajikan menu masakan Jepang, dari yang kaki lima sampai cafe mewah. Tergantung kantong, bray. Dari info yang gw dapet, di daerah Seturan ada rumah makan yang menunya berbagai macam udon dan tempura, special udon, men, ga jual menu lain, tapi lokasinya jauh dari rumah. Lalu, ada seorang teman yang nyaranin buat beli udon di salah satu restoran masakan Jepang yang harganya cukup bikin gw bilang, gilaakk, mahal amat ! Lalu, ada lagi yang versi kaki lima, di daerah barat GSP (Grha Sabha Pramana) UGM. Warung tenda gitu, tapi katanya jual berbagai macam masakan Jepang dengan harga terjangkau dan rasa nikmat. Nah, sepertinya gw paling cocok sama pilihan yang terakhir, maklum bray, hemat. \(^O^)/

Warung kaki lima itu bukanya dari jam 18.00 malam, jadi musti nunggu langit gelap dulu baru berangkat menuju lokasi. Tapi malangnya warung kaki lima itu ternyata ga buka (nangis lari cari bahu mas-mas buat ngelap ingus). Haha. Akhirnya, gw pun nyetir motor ke salah satu rumah makan Jepang yang masih berlokasi di sekitaran jl. Kaliurang, namanya aSaGaYa Japanese Food and Culture. Ini hurufnya ditulis gede kecil gitu bukan karena gw 4LaY, tapi emang nama rumah makannya kaya gitu. Kalau lo ga percaya, nih gw kasih lihat fotonya:



Dari depan, rumah makan ini cukup menarik, dengan dominasi warna merah dan putih, mirip sama warna bendera negaranya, lengkap sama lampion-lampion berwarna merah. Tapi dalamnya ternyata ga se-WAH luarnya. Dinding yang dicat warna kuning pucat, tidak terlalu luas, dilengkapi meja dan kursi dari kayu dan banyak hiasan dinding berupa gambar-gambar dan boneka Jepang yang memakai baju Kimono. Yah, cukup bikin berasa kaya di Jepang kali ya.

Gw pun baca daftar menu sambil sebelumnya udah komat-kamit berdoa moga-moga di rumah makan ini jual udon, kalau cuma jual ramen atau sushi atau takoyaki, mah, udah sering makan. Halaman demi halaman gw buka itu buku menu, dan, di lembar terakhir buku menu ternyata ada juga udon. Sesuai niat tujuan awal, gw pun memesan udon Rp 19.000,-, dan penasaran sama yang namanya okonomiyaki Rp 15.000,-.


Udon yang hangat udah di depan mata. Terdiri dari kuah, udon, telur, dan sayuran hijau, ada rumput lautnya juga. Hal pertama yang gw lakuin, ambil sendok, mengambil kuahnya dengan sendok, lalu gw masukin ke mulut, yaiyalah, masak ke idung. Kuahnya bening kecoklatan, dengan rasa kecap ikan yang cukup kuat, asin. Hal kedua yang gw lakuin, ambil garpu, lalu mengambil satu helai udon, dan gw masukin ke mulut juga, pastinya. Seingat gw, dulu bos pernah bilang kalau udon itu warnanya putih, dengan diameter sekitar 0,5 cm dan teksture yang lembut banget. Katanya orang-orang Jepang kalau makan udon ga perlu dikunyah, kaya makan spageti itu lho guys, ambil satu helai udon, trus mulut kita monyong-monyongin sambil nyedot udon sampai abis, jangan sampai putus, lalu langsung masuk ke tenggorokan ga perlu dikunyah. Nah, kalau deskripsinya kaya gitu, jadi terbayang dalam otak pasti yang namanya udon itu lembut banget, bray, kalau ga pasti orang-orang Jepang-nya langsung ke-lo-lo-den, lha langsung ditelan gitu. Tapi, udon yang barusan gw telan teksturnya ga lembut-lembut amat, perlu dikunyah dulu sebelum ditelan, kenyal kaya mie pada umumnya, warnanya juga kuning, ga putih, yang bikin beda cuma ukuran udon-nya aja, yang diameternya lumayan gede.

Gw jadi ingat, dulu pernah makan udon di restoran Korea. Lah, udon bukannya dari Jepang ya? Warnanya putih banget, teksturnya juga lembut banget, ga perlu dikunyah bray, asli, lembut banget, kaya yang dideskripsiin bos gw itu. Kayanya gw perlu ke Jepang dulu kali ya, biar tahu tekstur udon yang bener, amin.


Lanjut ke menu selanjutnya. Gw baru tahu kalau yang namanya okonomiyaki tuh kaya beginian. Kaya pizza-nya orang asia. Bentuknya lembaran tipis gitu, terbuat dari tepung terigu, dengan topping mayonise dan kecap. Pas digigit, gw ngerasain ada campuran kubis, potongan gurita (sok tahu), dan irisan tomat. Rasanya aneh, entah bumbu apa yang dipakai, tapi rasanya ga bersahabat sama lidah, gw sendiri bingung gimana mau mengdeskripsikannya. Walaupun takoyaki dan okonomiyaki namanya hampir mirip, tapi rasanya beda, jauh banget. Say yes to takoyaki, say no to okonomiyaki ! Haha.

Begitulah kira-kira kuliner gw kali ini. Wanna try it?
Happy culiner :D

Tidak ada komentar: