Minggu, 28 April 2013

Toko OEN

Kalau sebelumnya aku sudah membahas legendanya kota Jogja, bagaimana dengan legendanya kota Semarang? Ada satu toko yang sangat terkenal, berlokasi di Jl. Pemuda no.52 Semarang, di seberang Toko Sri Ratu, namanya adalah Toko Oen, berdiri sejak tahun 1936.

Toko Oen ini merupakan sebuah restauran yang menawarkan konsep jadul, menempati sebuah bangunan kuno warisan bersejarah dari jaman Hindia Belanda. Lengkap dengan beberapa kursi rotan, toples-toples tua, mesin hitung tua dan piano tua. Menyediakan berbagai macam menu khas Belanda dan Indonesia. FYI, restoran ini masih sering dikunjung oleh oma dan opa Belanda yang sedang mampir ke kota Semarang.

Salah satu yang menarik perhatianku adalah es krim yang dibuat secara tradisional. Maka aku memesan Napolitaine Ice Cream dan Oens Symphony Ice Cream. Aku lupa berapa harga tepatnya, yang pasti harga es krim di Toko Oen ini berkisar antara Rp 10.000,00 - Rp 30.000,00.

Yang paling aku sukai dari es krim di Toko Oen ini adalah es krim coklat di bagian atas Napolitaine Ice Cream, gila, rasa coklatnya mantep banget, bikin nagih. Coklat banget, teksturnya keras pas dipotong pakai sendok, ga gampang cair walaupun ditinggal ngobrol, tetapi begitu masuk ke mulut langsung lumer, manis dan dingin. Tahu gitu dari awal pesan Tutti Frutti Ice Cream yang bagian coklatnya lebih banyak daripada bagian buah-buahannya.

Toko Oen juga menjual berbagai macam camilan jadul yang ditaruh di dalam toples kaca jadul besar, jadi kita bisa membeli camilan tersebut dalam gram/ons. 

Tertarik mengunjungi Toko Oen ini? Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar: