Sabtu, 21 Januari 2012

Talkshow mengenai perempuan..

Hari ini aku menghadiri sebuah seminar, pembicaranya Tika Bisono, Desi Anwar dan Agrita Widiasari. Temanya "Educating Women For Better Generation"
The amazing woman, Tika Bisono.
Tetapi selama acara yang berlangsung 4 jam itu, permasalahan mengenai gender yang mendominasi. Apa peredaan sex dan gender? Sex lebih kepada kodrat dari Tuhan, seperti perempuan mengalami menstruasi, melahirkan, dll. Dan pria memiliki penis. Sedangkan gender lebih kepada seorang perempuan itu berambut panjang, memakai rok, memasak, dll. Dan pria berambut pendek, memakai celana, sebagai kepala keluarga, dll. Konsep seperti itulah yang membedakan perempuan dan pria.

Selama ini banyak yang membicarakan dan mempermasalahkan mengenai gender, dan emansipasi wanita. Salah satu kalimat yang membuat saya tertarik dalam talkshow tersebut adalah ketika Desi Anwar berkata "Brain has no gender" Otak tidak memiliki gender, yang terikat gender itu hanyalah fisik seseorang saja. Benar saja, sudah seberapa besar kita mampu mengoptimalkan kemampuan otak kita? Kitalah yang bertanggung jawab akan diri kita. Sebagai seorang perempuan, kita harus bisa mengejar cita-cita kita, menjadi seorang perempuan yang bisa melangkah lebih maju.

Tika Bisono berkata, untuk menjadi seseorang yang berguna, bergaullah dengan orang-orang yang tidak sejenis. Maksudnya, kalau kita pintar maka bergaullah dengan orang-orang yang bodoh, jika kita kaya bergaullah dengan orang-orang yang kurang beruntung, jika kita seorang doktor maka bergaullah dengan orang-orang yang bukan dokter. Kelebihan kita akan lebih berguna untuk orang lain jika kita bergaul dengan orang-orang yang berbeda daripada jika kita bergaul dengan komunitas yang berisi sekumpulan orang sejenis.
Dan di akhir talkshow, Tika Bisono bertanya : Apa resolusi kalian di tahun 2012? dan beliau menantang kita untuk melakukan hal baru yang belum pernah dilakukan seumur hidup di tahun 2012 ini. Wow, aku tertantang sekali. Dan aku berjanji akan mencoba banyak hal baru di tahun 2012 ini. Menuju tempat-tempat baru dan bertemu orang-orang baru. InsyaAllah.

Tidak ada komentar: