Minggu, 13 November 2011

ISTANA WEDANG, nikmatnya aneka wedang..

Salah satu hal yang bisa aku masukkan dalam daftar "ngidam"ku adalah mengunjungi Istana Wedang.
Istana Wedang merupakan sebuah tempat minum yang menyediakan berbagai macam wedang atau minuman panas/hangat.

Istana Wedang menyediakan katanya lebih dari 18 jenis wedang. Sebagai penggemar berat minuman hangat, terutama wedang ronde, tentu saja aku tertarik untuk mampir ke tempat ini. Istana wedang sudah ada sejak tahun 1979, dan memiliki resep rahasia yang tetap terjaga kelezatannya hingga saat ini. Tempat ngombe ini berada di kota Semarang, yang pertama kali berdiri berada di jalan Pemuda dengan bangunan arsitektur Belanda, kemudian membuka cabangnya di beberapa daerah, seperti Kampung Kali, Setiabudi, DP Mall dan Java Mall.

Sabtu malam kemarin bersama seorang teman, tanpa sengaja terjebak macet di depan Istana Wedang di jalan Kampung Kali, dan tentu saja, aku tidak menyia-menyiakan kesempatan ini, langsung menyetir orang yang nyetir motor menuju tempat ngombe ini.
Tempatnya sederhana, berada di deretan ruko-ruko yang juga menjual berbagai macam makanan. Walaupun sederhana, tetapi jangan salah, di halaman parkir sudah banyak mobil yang berderet-deret yang ternyata adalah pengunjung dari Istana Wedang ini. Kalau kata sang partner: "Pengunjungnya mbois-mbois ya!" Hahaha. Begitu masuk ke dalam, aroma wangi jahe sudah tercium, sedapnya. Aku memesan Wedang Lengkeng Yanghun, dan sang partner memesan Wedang Ronde. Begitu pesanan kita datang, hmm. Wangi banget, dan begitu mulai mensruput wedang itu, hm.. Mantab!

Wedang Lengkeng Yanghun.
Wedang Lengkeng Yanghun memiliki taste yang manis khas kelengkeng, berwarna coklat dan ada sedikit jellynya. Manisnya pas, tidak bikin eneg, hujan-hujan minum wedang ini rasanya pass banget, bisa menghangatkan tubuh.

Wedang Ronde.

Wedang Ronde nya juga tidak kalah nikmat, airnya bisa dibilang kental banget ! Dari segi porsi, aroma, rasa, kalau boleh bilang, ini wedang ronde paling enak yang pernah saya minum.
Dari segi harga mungkin memang agak mahal, wedang ronde yang biasa kita beli di pinggir jalan berkisar antara Rp. 3000,- kalau di Istana Wedang ini harga Wedang Ronde Rp. 9000,- dan Wedang Lengkeng Yanghun Rp. 10.000,-. Bisa dibilang ada harga, ada kualitas. Tidak rugi merogoh koceng lebih untuk menikmati wedang di tempat ini. Lain kali ingin mencoba wedang-wedang yang lain :)


Suasana di dalamnya.

The menu.
Selamat mencoba :D

Tidak ada komentar: