Minggu, 28 April 2013

Rujak Es Krim Pakualaman

Sekali-sekali mari kita bahas kuliner yang menjadi legendanya Jogja. Salah satu kuliner yang melegenda di kota Jogja adalah rujak es krim Pakualaman. Orang Jogja memang kreatif, memiliki ide untuk mengawinkan rujak serut yang rasanya pedas asam manis dengan topping es krim atau es puter berbahan dasar santan yang dingin lembut manis dan segar. Pastinya enak dan menyegarkan jika dinikmati di siang hari yang panas.

Jika kita berada di sekitar alun-alun Pakualaman, pasti akan banyak kita jumpai penjual rujak es krim, namun ada salah satu penjual yang mengklaim dirinya sebagai  pedagang pertama yang berjualan rujak es krim di daerah Pakualaman, namanya Pak Nardi. Setiap hari, mulai dari jam 9.00 pagi, Pak Nardi dan istrinya berjualan rujak es krim di sebelah barat tembok luar Pura Pakualaman. Pak Nardi berjualan menggunakan sebuah gerobak dan tenda biru. Pelanggan tetapnya sangat banyak, salah satunya adalah bapak saya, hahaha~

Dengan harga Rp 4.000,00 saja kita sudah bisa menikmati satu mangkuk kecil rujak es krim, apabila kurang pedas kita bisa menambahkan bumbu cabai pedas yang disediakan dalam wadah terpisah sesuai selera. Tentunya, selain nikmat, rujak es krim ini juga merupakan kuliner yang menyehatkan, karena terbuat dari buah-buahan segar seperti bengkuang, kedondong, pepaya, mangga muda, nanas, dll.

Pada waktu membeli rujak es krim ini, Pak Nardi memberikanku sebuah kartu nama, katanya rujak es krim Pak Nardi ini juga menerima pesanan dalam jumlah besar, misalnya untuk acara arisan, reunian atau bahkan acara pernikahan.

Ingin menikmati kelezatan rujak es krim ini? Silahkan saja, aku sarankan datang ke sini pas pagi atau siang hari, karena saking larisnya, kadang sore hari dagangan sudah habis dan tutup. Selamat berkuliner :)

Tidak ada komentar: