Rabu, 17 April 2013

Liaison Officer Forever



Liaison Officer (LO) mungkin merupakan salah satu dream job yang digandrungi oleh banyak orang. Yes. Buku ini membahas habis semua info, suka duka menjadi seorang LO. Penulis buku ini adalah Melanie Subono, seorang LO dari Javamusikindo yang sudah tersohor prestasinya dalam mendatangkan musisi-musisi internasional ke Indonesia. Betapa cintanya Melanie sama karier yang dia jalani selama ini. Menurutku, Melanie merupakan salah satu orang yang sudah menemukan passionnya dalam bekerja, yaitu menjadi seorang LO, pekerjaan yang suka bikin dia kesel, tetapi tetap dia cintai lebih dan lebih terus.

Bakat utama yang harus dimiliki oleh seorang LO adalah menjadi baby sitter atau babu-nya artis. Tugas seorang LO adalah mendampingi artis dari ketika sang artis turun dari pesawat di bandara Indonesia sampai sang artis naik ke pesawat lagi untuk meninggalkan negeri kita tercinta Indonesia. Seorang LO harus bisa menyediakan semua kebutuhan yang diminta artis, mulai dari menyediakan mobil, hotel, makanan, bahkan sampai ke hal-hal yang aneh sekalipun, jadi asik kali ya kalau membayangkan kita bisa bareng terus sama artis mancanegara selama berhari-hari, satu mobil, satu hotel, dan bisa melihat performance mereka pas manggung secara gratis, yah, walaupun harus mengintip dari backstage.

Banyak adegan konyol dalam buku ini, tingkah laku para artis yang ajaib, bagaimana jatuh bangun Melanie melayani para artis dengan motonya: tamu adalah raja. Karena bagaimanapun juga, bagus tidaknya service para LO ini bisa mempengaruhi penilaian para artis internasional terhadap Indonesia, secara para LO inilah yang mereka lihat terus siang malam selama di negara ini.

Di dalam buku ini dijelaskan tentang kitab wajib para LO yang disebut Rider, yaitu daftar keperluan artis plus rombongan selama berada di negara yang mereka kunjungi. Ternyata maunya artist itu macam-macam, ada Andrea The Corrs, yang minta semua bantal kamarnya jangan menggunakan bulu angsa, atau Mariah Carey yang minta disiapkan segerombolan orang di tempat-tempat yang akan dilewatinya, berdiri sambil membawa spanduk yang ada nama dia, untuk mengelu-elukan dia, haha..

Yuk, mari kita bahas pengalaman Melanie tentang kelakuan-kelakuan aneh para artis idola kita yang bisa bikin kita bengong..

Ada Nick Hexum vokalisnya 311 yang ngejar-ngejar cewek berjilbab buat diajakin foto, yang ternyata titipan istrinya Nick yang ngidam minta suaminya foto sama cewek berjilbab. Para personil Avenged Sevenfold yang demen banget foto. Para personil Saosin yang heboh banget pas melihat billboard mereka di jalan dan minta difotoin, ternyata band satu ini pertama kali menjadi Headliner di Indonesia. Brandon Boyd dari Incubus yang jorok banget, ga ganti baju selama berhari-hari di Indonesia, padahal bajunya sudah dipakai juga buat manggung keringetan selama 2 jam, dan masih saja tetep dipakai. Si kembar Madden, alias Benji dan Joel Madden dari Good Charlotte yang demen banget beli barang KW di blok M, menurut mereka, KW-nya Indonesia sudah sama kerennya dengan Hongkong punya.. seperti LV palsu, PRADA palsu, dll, duh, si eneng Paris Hilton sama Nichole Richie mau aje diboongin sama cowok-cowok ini, dioleh-olehin barang KW. Dan masih banyak cerita lucu lainnya, seru ya jadi LO.

Pokoknya buat kalian yang penasaran sama kerjaannya para LO, atau punya cita-cita jadi LO, wajib baca buku ini.

Membaca buku ini mengingatkanku kalau dulu aku juga pernah punya pengalaman dua kali menjadi LO, salah satunya menjadi LO lokal di acara Jogja Java Carnival, HUT kota Yogyakarta. Waktu itu aku dikasih tugas buat jadi baby sitter satu kontingen peserta karnaval yang beranggotakan 50 orang. Benar kata Melanie, kudu sabar. Apalagi waktu itu aku harus mengurus segerombolan orang yang dipimpin oleh seorang mbak-mbak yang sok idih banget, duduk lesehan saja ga mau, maunya istirahat di dalam hotel, hotelnya moyang lo? keringetan sedikit sudah protes, haduh mbak, kalau ga mau keringetan ya ga usah jadi peserta karnaval. The most marmos and sok idih girl I have ever met.

Pelajaran yang aku ambil dari pengalaman menjadi LO adalah kita belajar mengenal berbagai macam karakter orang dan yang paling penting, belajar sabar. Ciaoo :)

Tidak ada komentar: