Jumat, 12 Juli 2013

Nasi Gandul Pak Subur



Hallo dunia digital, lama tidak bersua, aku terlalu sibuk dengan dunia nyata, haha.. Kuliner kali ini aku mau membahas makanan khas dari daerah Pati, Jawa Tengah. Di Semarang, ada nasi gandul khas Pati yang sangat terkenal, nasi Gandul Pak Subur, di Jl. KH Ahmad Dahlan, samping Hotel Horison, Semarang. Tidak jauh dari kawasan Simpang Lima.

Nasi gandul adalah makanan berupa nasi yang disajikan dengan kuah santan kecap yang sangat gurih, dilengkapi potongan daging sapi + jeroan yang empuk dan telur. Disajikan di atas piring yang dilapisi daun pisang. Rasa kuah yang kaya rempah membuat lezatnya makanan ini nempel banget di lidah. Konon, nasi gandul merupakan perkawinan antara soto dan gulai.

Nasi gandul ini bisa membuatku jatuh hati pada suapan pertama, kuahnya sedap, nendang banget. Apalagi setelah ditambah dengan air perasan jeruk nipis. Bisa disantap bersama dengan tempe goreng yang digoreng kering dan renyah.

Walaupun cuma berupa warung tenda kaki lima, tetapi pelanggannya banyak. Asiknya lagi, di dalam warung ini, ada life musik sederhana, jadi kita bisa terbebas dari gangguan para pengamen jalanan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: