Minggu, 18 Agustus 2013

Es Italia Ragusa

Hai hai.. bagaimana perayaan 17 Agustus kalian? Tahun ini aku merasakan upacara bendera lagi semenjak lulus SMA, banyak teman yang ga percaya kalau perusahaan swasta tempatku bekerja merayakan HUT RI dengan melaksanakan upacara bendera, aku juga kaget sih awalnya, kirain cuma pegawai negeri saja. Hm, tetapi aku excited banget melaksanakan kegiatan upacara bendera, cinta tanah air guys! :D

Setelah selesai upacara bendera di kantor, aku langsung cuss melesat ke Ibu Kota. Tujuan utama: mengambil undangan pernikahan kakak, tujuan kedua: mencicipi es Italia Ragusa.

Yang namanya kuliner memang bikin nagih ya. Sudah lama banget aku ingin mencicipi es Italia Ragusa dan baru kesampaian sekarang. Es Italia Ragusa yang berlokasi di Jalan Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta ini adalah es krim yang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Ragusa berasal dari nama keluarga Italia, yang pada jaman kemerdekaan datang ke Indonesia untuk mempelajari taylor tetapi kemudian berubah dan akhirnya mereka membuka usaha es krim.

Spaghetti Ice Cream (30 K)


Ini nih yang paling nge-TOP dari es Italia Ragusa, spaghetti ice cream. Berupa es krim vanila yang dibentuk panjang-panjang menyerupai mie atau spageti. Disajikan di atas mangkuk porcelain putih dengan topping saus coklat, kacang dan sokade.

Es krim vanila ini memiliki rasa manis yang pas, dengan porsi yang cukup besar menurutku tidak sampai membuat lidah merasa eneg. Saus coklat yang manis sedikit pahit, taburan kacang yang gurih dan renyah, sokade yang asam manis, membuat spaghetti ice cream ini memiliki perpaduan rasa yang nikmat dan juara.

Tutti Frutti (25 K)

Es krim yang terdiri dari 3 rasa, yaitu strawberry, vanila dan coklat dengan manisan sokade di dalamnya. Es krim bertekstur lembut, ringan, seperti es dung-dung atau es puter yang ada di desa-desa, dengan rasa yang manis. Sokade-nya sedikit banget, hehe.

Es Italia Ragusa merupakan es krim tradisional yang dibuat tanpa bahan pengawet dan sudah berdiri sejak tahun 1932. Menempati bangunan yang sudah cukup tua, dengan pelayan yang juga sudah kakek-kakek, namun pengunjungnya banyak yang anak muda.

Bangunannya cukup luas, dengan kursi dan meja rotan yang membuat pelanggannya cukup betah duduk berlama-lama. Pelayanannya ramah, es krim yang sedap dan khas, pantas saja kalau pelanggannya banyak. Konon, kalau ke es Italia Ragusa di hari libur (Sabtu-Minggu) sampai harus mengantri untuk mendapatkan tempat duduk. Beruntung aku datang pas masih pagi, jadi ga perlu mengantri.

Selamat memanjakan lidah :)
Semoga aku bisa diberi kesempatan menikmati es krim Zangrandi di Surabaya, amiin.. insyaAllah kalau ada rejeki dan kesempatan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

coba baca ini

http://www.kaskus.co.id/post/5224578417cb17fd51000001#post5224578417cb17fd51000001