Selasa, 28 Februari 2012

Ghost Track



Ghost Track adalah sebuah karya koreografi dari Andrea Leine dan Harijono Roebana.

Ha na ca ra ka.. da ta sa wa la.. Yak, bunyian aksara jawa ini dilantunkan oleh kelompok musik Ensemble Kyai Fatahillah asal Bandung, dengan komposer Iwan Gunawan. Lantunan musik tersebut mengiringi 5 penari terlatih asal Belanda dan 3 penari asal kota Solo, ketika memasuki panggung dengan kostum serba hitam di Auditorium RRI Semarang.

Kamis malam kemarin aku dan seorang teman berkesempatan melihat pertunjukan seni tari Ghost Track ini. Sudah 7 bulan aku tinggal di kota ini, dan baru sekarang aku mendapatkan info mengenai pertunjukan seni seperti ini, yak, aku menyukai hal-hal yang berbau seni seperti ini, walaupun tidak begitu paham, tetapi aku sangat menikmatinya.

Antusiasme warga Semarang ternyata cukup besar juga dengan digelarnya pertunjukan ini. Ghost Track Indonesia Tour 2012 ini diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia, dan Semarang salah satunya. Awalnya aku mengira acara ini sepi pengunjung, diluar dugaan ternyata auditorium RRI Semarang penuh dan bahkan ada beberapa penonton yang duduk lesehan karena kehabisan kursi.

Tarian Ghost Track ini didominasi oleh gerakan Cakil dan Balet, inilah simbol tarian gerak tubuh tradisi Jawa (Indonesia) dan Belanda (Eropa). Ke delapan penari membawakan tarian tersebut dengan indah, mereka menari dengan sangat luwes, mereka saling berbenturan, saling menyesuaikan, berbeda, menyatu dan saling mempengaruhi.



Sebelum pertunjukan tari ini dimulai, salah seorang pembicara di panggung berkata "Tarian ini memiliki alur cerita atau tidak, itu tergantung imajinasi penonton masing-masing". Ghost Track digratiskan untuk warga Semarang, beruntungnya aku, karena ternyata di Jakarta tiket performance ini  Rp 700.000,- sedangkan di Amsterdam 280 euro atau di atas 3 juta jika dirupiahkan. WOW. Pertunjukan ini sudah pernah digelar pula di Kanada, Amerika Serikat, Rusia hingga beberapa negara di Afrika.

Berharap semoga kedepannya semakin banyak acara-acara seni seperti ini digelar di kota Semarang :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Menurut kakak sendiri apakah tarian ini memiliki alur? Saya bertanya karena saya tidak dapat mudah memahami karya seni. Bisakah kakak memberitahu saya?~terima kasih