Jumat, 02 Maret 2012

Es Puter Cong Lik

Es puter ini berlokasi di Pasar Semawis, Jl. Gang Warung , Semarang Kota - Semarang.

Yak, malam ini aku dan dua orang teman, yang tidak perlu aku sebutkan namanya, sebut saja si kurus dan si gendut, hoho, pergi untuk menjelajahi daerah pecinan. Di sana, aku untuk pertama kalinya makan nasi ayam yang sangat tersohor di kota Semarang, enak, tetapi menurutku rasanya tidak berbeda jauh dengan nasi liwet dari kota Solo.

Semawis (Semarang untuk pariwisata) merupakan sebuah kawasan kuliner di daerah pecinan Semarang, berbagai macam kuliner ada disana, buka setiap hari Jum'at-Minggu. Area ini tertutup untuk kendaraan pada malam harinya, jadi untuk menjelajahi wisata kuliner di kawasan ini harus dengan berjalan kaki.


Kami pun bertiga berjalan-jalan menelusuri daerah semawis untuk mencari Es Puter Cong Lik yang katanya sudah sangat terkenal di kota Semarang. Dan, setelah wira-wiri, kamipun menemukan warung es yang tersohor itu:

Es yang dijual di warung tersebut ada 4 rasa, yaitu rasa coklat, durian, kelapa muda dan leci. Es disajikan dalam sebuah mangkuk kecil, dan satu mangkuk kita boleh memesan dua rasa. Oh, iya, katanya setiap hari rasa es puter yag dijual berbeda-beda, jadi ya untung-untungan..
Es tersebut disajikan dengan topping tergantung dari rasa es yang kita pesan. Untuk es puter rasa leci dan kelapa muda diberi topping serutan kelapa muda, monte merah muda dan potongan puding. Untuk es puter rasa coklat, toppingnya ada tambahan meses dan potongan roti tawar. Untuk es puter rasa durian mungkin toppingnya adalah durian, karena di warung tersebut terlihat ada buah durian yang sudah dipisahkan dari cangkangnya. Kami memesan es puter rasa kelapa muda, leci dan coklat.



Kami kemudian menikmati es puter ini sambil ngobrol ngalur-ngidul. Dan rasa es puter ini ternyata enak bangettt, terutama yang rasa leci, rasa manisnya pas, dan ga bikin eneg, rasanya suegeeerr. Rasanya pengen nambah lagi, nambah lagii.. hehe, jadi kalau pergi ke daerah semawis, jangan lupa untuk menikmati kuliner yang satu ini ya!

Sekedar info, kelezatan dan kenikmatan es Cong Lik ini sudah melegenda di Kota Semarang. Es Cong Lik ini sudah dimulai dari tahun 1944 lho.. :D

Selamat menikmati..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

awesome.. ngiler liatnya hahaha