Kamis, 15 Maret 2012

Candi Gedong Songo

Hellooo! I'm back :)
Dont bother about my exam a few days ago, what is done is done. I have already do my best, although I felt failed and little upset, now I can only pray to God! Hehehehehe. Hopes my boss and others are not dissapointed with my presentation, and they give me good score. amen..
Ok. I will tell you about my vacation to Gedong Songo Temple two weeks ago, maybe it's too late to write this story, but enjoy it..

Jadi ceritanya 2 minggu lalu aku diajak teman untuk ikut acara #OTS keluarga besar dotSemarang. Mungkin bisa dibilang aku kesasar, masuk ke tengah-tengah komunitas pengguna blogdetik sementara aku, ehm, masih aja nongkrong di blogspot ini. Tetapi, tersasar yang menyenangkan ga ada ruginya, berkunjung ke tempat baru dan bertemu banyak teman baru.

Jam 08.00 pagi kita kumpul di Taman KB, Semarang. Tetapi karena orang-orang baru terkumpul sekitar jam 10.00 maka kami berangkat ke Candi Gedong Songo agak siangan sedikit.

Cuplik: Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran.

Konon Gedong Songo berasal dari bahasa jawa, dari kata Gedong = bangunan, dan Songo = sembilan, jadi artinya adalah sembilan bangunan. Dan benar saja, di kawasan tersebut terdapat 9 buah candi yang letaknya agak berjauhan. Kita sampai di lokasi pukul 12.30 siang. Biaya masuk untuk hari libur Rp. 7.500,-/orang.

Pemandangan alam di sana cukup indah. Untuk mencapai kesembilan candi, harus ditempuh dengan menapaki jalan setapak yang menanjak dan cukup panjang. Tetapi di sana ada penyewaan kuda, dengan Rp 50.000,-/kuda kita bisa mengelilingi objek wisata Gedong Songo bersama kuda, tinggal duduk mangut-mangut. Hahaha..
Tetapi biar kerasa petualangannya kita memilih untuk berjalan kaki, padahal pengen hemat, jadi kita harus berjalan kaki yang lumayan jauh, dan lumayan untuk berolah raga. Sayangnya ketika kita sampai di sana cuaca agak mendung dan sedikit dibumbui dengan hujan, padahal cuaca di sana sudah cukup dingin karena candi ini berlokasi di sekitar 1.200 m di atas permukaan laut. Enaknya ya kesana bawa pacar, eh, tetapi ada mitos kalau ke Candi Gedong Songo sama pacar setelah pulang bisa putus, makanya jangan bawa pacar ke sana ya (sok menasehati).

 

Di tengah-tengah Gedong 3 dan Gedong 4 terdapat sumber air panas, dan bau belerang di sana lumayan menyengat. Kita bisa menghangatkan diri di sebuah pemandian air hangat yang dibangun di area tersebut.


Walaupun dinamakan Candi Gedong Songo, namun sekarang ini jumlah candi tidak benar-benar 9 buah, 4 candi diantaranya sudah runtuh, mungkin rusak karena alam, entahlah, jadi kita hanya bisa menikmati 5 buah candi yang masih utuh. Dan kitapun akhirnya selesai menjelajahi dan puas berfoto-foto, lalu meninggalkan candi-candi tersebut pukul 16.00 sore.
Thx all, new friends :)

Tidak ada komentar: