Selasa, 26 Juni 2012

Museum Kereta Kraton Ngayogyakarta

Hei, tahukah kalian kalau di kota Yogyakarta terdapat sebuah museum kereta yang menyimpan kereta-kereta milik Kraton Ngayogyakarta?Museum kereta berlokasi tidak jauh dari Kraton Ngayogyakarta, lebih tepatnya di sebelah barat alun-alun utara. Kebetulan, aku memiliki seorang teman yang rumahnya di belakang Museum Kereta Kraton Ngayogyakarta ini. Dulu aku sering main ke rumah teman itu, tetapi belum pernah ada kesempatan untuk memasuki museum itu.

Siang itu, aku ingin main ke rumah temanku tersebut, lebih tepatnya janjian untuk menghadiri sebuah acara resepsi pernikahan teman kuliah. Karena yang bersangkutan, ehm, belum selesai bersolek, akhirnya aku memutuskan untuk memasuki museum itu sendiri.
Tiket masuk : Rp 3.000,-
Parkir motor : Rp 2.000,-
Cukup murah bukan? padahal temanku pernah bilang, kalau mau masuk museum kereta sama dia saja, nanti gratis. Tetapi ga masalah bayar, untuk biaya perawatan kereta :)

Di dalam museum tersebut, terdapat sekitar 23 kereta yang dibeli pada jaman Sri Sultan HB VII. Setiap kereta memiliki namanya masing-masing, dan sudah ada papan nama yang mencantumkan nama masing-masing kereta tersebut. Ada kereta Kyai Jolodoro, Kyai Roto Biru, Kapultin, Kyai Kutha Kaharjo, Kyai Garuda Yeksa, Kyai Jetayu, dll.



Namun sayang, tidak ada keterangan yang menyertai papan nama tersebut. Lebih baik didampingi oleh pemandu ketika memasuki museum kereta ini karena kalau tidak kita tidak akan mengerti cerita dan latar belakang sejarah masing-masing kereta. Dan akupun keluar dari museum cuma mendapatkan foto-foto kereta saja, tanpa sebuah cerita, karena ga nyewa guide sih..

Yang pasti, buat kalian yang menyukai benda-benda unik dan bersejarah, tempat ini pantas untuk coba dikunjungi, selamat berwisata :)

Tidak ada komentar: