Jumat, 27 Mei 2011

Super-duper-yummy-homemade-lasagna

Apa itu lasagna? Lasagna adalah pasta yang dipanggang di oven, merupaan makanan tradisional italia, biasanya berisi daging. Bagaimana cara membuatnya?

Hari kamis, aku diajak teman-teman untuk memasak bareng. Berhubung aku ga pintar memasak, setujulah aku. Aku awalnya ga tahu kalau kita mau membuat lasagna. Aku, Med, dan Tasya mau mempraktekkan resep legendaris sang chef Dep. Proses memasaknya agak acak adul, karena kita ga pakai takaran, just feeling dan modal icip-icip, kalau kurang pas ya dtambah bumbu, begitulah.. tetapi rasanya... Hm, delicioso!

Bahan-bahan, you can see from the picture.
Oke, ini dia step by step proses pembuatan lasagna:

1. Saus Bolognaise

Panaskan mentega, tumis bawang bombai sampai harum. Tumis tomat yang sudah dicincang. Masukkan saus bolognaise yang bisa dibeli di supermarket terdekat :p. Masukkan daging cincang, masak sampai berubah warna. Bila rasa kurang pas, bisa ditambahkan garam dan bumbu masak, lada, dll sesuai selera. Aduk, masak hingga matang.

2. Merebus pasta lasagna
Pastanya berbentuk lembaran tipis. Direbus di air mendidih yang sudah ditambahkan garam dan sedikit minyak supaya pastanya tidak lengket dan tidak mudah menempel antar pasta satu dengan yang lain. Merebusnya cukup lama sampai pastanya tidak keras alias empuk.

3. Saus Bechamel / saus putih
Panaskan mentega, masukkan terigu, aduk rata. Tuangkan susu sedikit demi sedikit. Masukkan keju yang sudah di parut, aduk rata, sampai campuran mengental. Bisa ditambah garam sesuai selera.

4. Menyusun lasagna

Siapkan alumunium foil tahan panas, oles dengan mentega sampai rata. Susun secara berurutan: pasta, saus bechamel, saus bolognaise, daun oregano. Ulangi sampai 3 lapis, di lapisan paling atas dikasih saus bechamel lagi dan ditaburi dengan keju parut. Panggang dalam oven selama +- 30 menit.


This is it! Lasagna yang sudah matang, fresh from the oven. Hmm. Hasil karya kita.. Super-duper-yummy-homemade-lasagna :D sekali coba langsung nagih, ga lebay lo..

 


What next?? Ayoo.. mari memasak makanan-makanan enak lainnya..

Tidak ada komentar: