Jumat, 30 Desember 2011

makan SUSHI murah di ROBUCHON

Yup! Sushi! Makanan yang berasal dari negara matahari terbit ini, yang berupa nasi plus lauk yang dibentuk biasanya digulung, aku baru dua kali ini memakannya (ndeso!). Dan sepertinya aku jatuh cinta pada makanan ini. Dulu ketika aku makan di sebuah rumah makan sushi di Jogja, aku merasa rasanya biasa aja, dan yang paling fatal, tidak kenyang! Satu porsi berisi 4 butir sushi bisa dihargai minimal Rp. 20.000,-

Kebetulan hari Jumat kemarin, aku dan teman-teman meluncur menuju Paragon Mall. Ceritanya, kita mau menonton film di bioskop, tetapi kehabisan tiket, jadilah kita nongkrong di Foodcourt Paragon Mall dengan masih memakai kostum kuli.
Foodcourt di Paragon Mall menerapkan sebuah sistem yang unik menurutku. Berbeda dari foodcourt di Mall di Jogja yang menerapkan sistem dimana pengunjung menuju ke counter makanan yang diinginkan, memesan makakan, meembayar, lalu mendapatkan nomor meja dan nantinya makanan akan diantarkan ke meja si pengunjung. Kalau di Paragon Mall, ketika akan memasuki pintu masuk foodcourt, pengunjung diberikan sebuah electric card, yang kalau hilang harus mengganti rugi sebesar Rp. 200.000,- jadi agak deg-deg-an juga, ga mau rugi kalau ngilangin kartu. Jadi kalau pengunjung memesan makanan di counter makanan, si pelayan tinggal menggesek electric card yang pengunjung bawa, dan data makanan apa saja serta berapa harga makanan yang pengunjung beli sudah tercetak di memori kartu tersebut. Ketika si pengunjung akan keluar foodcourt, sudah terlihat mbak-mbak yang nongkrong di kasir-kasir. Pengunjung tinggal menyerahkan si kartu, mbaknya menggesek, dan olalala.. mbak-mbak kasir sudah tahu berapa duit yang harus pengunjung bayarkan.

Electric card


Setelah berkeliling sambil men-survey makanan yang pas di kantong, akhirnya aku menetapkan pilihan sebuah counter makanan yang menjual berbagai maam makanan khas Jepang. Dan tentunya sushi menjadi salah satu menu utama. Aku memesan Koni Cheese Katsu Sushi. Harganya Rp. 14.000,- dan ada 8 biji. Wow, ini sushi termurah yang pernah aku temui, dan berada di mall termewah di kota Semarang. Sushi ini berupa nasi yang digulung, lauknya berupa kepiting dan keju, dibungkus nori (rumput laut), dan mungkin digoreng? soalnya namanya pake katsu.
Sushi ini disajikan dengan mayonise dan kuah seperti kecap asin. Sekali melahap sushi ini, hmm, enak! Berbeda dari sushi yang pernah aku makan di Jogja dulu, apa karena aku nge-fans sama keju kali ya? atau mungkin karena ini sushi-sushian. Pada umumnya sushi memiliki lauk yang mentah, tetapi setelah aku googling ada juga sushi yang lauknya dalam keadaan matang, sudah dipanggang.

Sushi ini memiliki flavor yang kuat, padahal kata salah seorang teman yang kakaknya tinggal di Jepang, sushi aseli Jepang itu rasanya hampir hambar, mungkin restoran sushi di Indonesia sudah menyesuaikan cita rasanya dengan orang Indonesia yang cenderung menyukai makanan spicy. Dan begitu habis, rasanya ingin nambah dan mencoba menu sushi yang lain. Ketagihan.
Dan selanjutnya ingin mencoba sushi yang benar-benar mentah. Atau yang mungkin ada telur ikan? yang katanya seorang temanku pernah hampir muntah memakannya.
Acar lobak yang menghiasi sushi memiliki rasa yang tidak bisa diterima oleh lidahku. Begitu pula wasabi, walaupun lidah ini sudah jatuh hati sama sushi, tetapi lidah ini tetap menolak wasabi. Sekedar info: wasabi merupakan daun sejenis kubis-kubisan, memiliki rasa yang agak pedas menyengat. Wasabi ini memiliki senyawa yang bersifat antimikrobia bernama isotiosianat yang bisa menghambat pertumbuhan mikrobia. Mungkin ini sebabnya wasabi selalu disajikan bersama sushi yang memang biasanya mentah, seperti ikan mentah.
Ajeng-Retno-Riska

3 komentar:

Anonim mengatakan...

murah bgt tu sushi, nasi kucing 8bji aja 12-14rb!!sprtinya fudcourtnya brhrp bgt kamu ilangin kartunya hahaha

YULIA RISKA R mengatakan...

Sepertinya itu kartu sebuah jebakan buat para pengunjung, ahahaha *curiga.
Ini siapa ya?

Anonim mengatakan...

he em, org yg ceroboh kya nobita pantas cemas klo makan d situ, hahaha.
sory pke anonim, aq danar :)