Jumat, 25 Januari 2013

Lumpia Samijaya


Guys, di Jogja, ada lumpia yang enak banget, orang-orang nyebutnya lumpia Samijaya, berlokasi di Jl. Malioboro, Yogyakarta. Disebut lumpia Samijaya karena jualannya di depan toko Samijaya dan di gerobak dagangannya ga dicantumin nama yang jual. Beberapa hari yang lalu aku tiba-tiba kangen banget makan lumpia Samijaya. Setahu aku, lumpia Samijaya dulunya buka dari siang sampai malam, namun pas beberapa kali aku nyari lumpia ini di siang hari, selalu ga ketemu, aku kirain udah ga jualan atau pindah tempat, pas aku tanyain ke mas-mas yang jaga parkir di area Malioboro, ternyata sekarang lumpia Samijaya cuma buka dari sore sampai malam.

Ada beberapa perbedaan antara loenpia Semarang dengan lumpia Samijaya Jogja, yuk kita bahas satu-satu. Pertama, dari namanya saja udah kelihatan loen-pia sama lum-pia. Kalau masalah penamaan ini mungkin tergantung sama kemampuan telinga sama lidah orang-orang terdahulu kali ya. Kedua, berbeda dengan loenpia Semarang yang isinya rebung, lumpia Samijaya Jogja isinya berupa irisan wortel, tauge, tahu dan rebung. Namun isi yang paling dominan adalah tauge, bagus lo guys, buat kesuburan cewek (hehe). Ketiga, soal harga, lumpia Samijaya Jogja murah meriah, jauh banget sama loenpia Semarang yang harganya selangit melambung tinggi ke angkasa, cieeh.

Sore kemarin, akhirnya akupun meluncur menuju lokasi lumpia Samijaya. Sudah ngiler duluan dari rumah, hihi.
Menunya ada tiga :
- Lumpia Biasa (Hanya sayur) Rp 1.500,-
- Lumpia Ayam (Sayur & ayam) Rp 2.500,-
- Lumpia Spesial (Sayur, ayam & telur puyuh) Rp 3.000,-


Murah meriah kan? Kalau dihitung-hitung nih, kalau kita ngeluarin duit Rp 100.000,- cuma bisa dapat 10 biji loenpia Semarang, kalau itu duit dipakai buat beli lumpia Samijaya, bisa mandi lumpia guys, hemat uang perjalanan pula :D
Soal rasa, juwaraa ! Biasanya, lumpia Samijaya ini disajikan hangat sehabis digoreng, bersama acar timun, cabe rawit dan saus bawang putih. Nah, yang bikin lumpia Samijaya tambah sedap menurutku ya saus bawang putihnya ini, gurih gurih bikin nagih.

Lumpia Samijaya ini highly recomended. Kalau ga percaya coba saja datang buat beli lumpia ini sore-sore, dijamin antriannya ga nanggung-nanggung, panjang banget, bisa nunggu sampai setengah jam lebih agar bisa menikmati lumpia ini. Yang pesan lumpia Samijaya buat dibawa pulang juga ga kalah banyak. Kebanyakan yang beli lumpia Samijaya adalah orang-orang dari luar kota, tuh, yang dari luar kota saja tahu kedahsyatan lumpia ini, masa kalian yang asli Jogja pada ga tahu? Aku tahu keberadaan lumpia Samijaya sejak kecil, dari dulu keluargaku kalau beli lumpia yang enak ya disini. Dijamin, ga kalah sama loenpia Semarang. Happy culiner :)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Lumpia ayam buatanku lebih dahsyat lagi nih...cuma 2000 , monggo dicoba...