Rabu, 14 November 2012

MIE ONGKLOK

Hayoo.. ada yang tahu ga apa itu mie ongklok?

Mie ongklok ini mie khas kota Wonosobo. Mie ini terdiri dari mie basah, sayuran (kol dan daun kucai) yang disiram kuah kental yang disebut loh. Kuahnya katanya terdiri dari dua macam, kuah pertama yaitu kuah kental yang terbuat dari saripati singkong, gula merah, ebi, dll. Kuah kedua yaitu bumbu kacang yang kental. Hmm, dasar aku penikmat makanan yang ber-sambel kacang, makanya pas tahu ada mie ongklok ini jadi exited banget :)

Di wonosobo, banyak warung makan yang menjual mie ongklok, tetapi salah satu yang enak adalah Mie Ongklok Bu Umi. Kita sampai warung makan ini jam 2 siang, dan mie ongkloknya sudah hampir habis, beuhh..



Mie ongklok ini ternyata disajikan bareng sama sate ayam. Kalau dari beberapa info yang aku tahu, yang paling pas untuk mendampingi mie ongklok adalah sate sapi, tetapi dengan sate ayam pun nikmat kog. Tersedia juga berbagai macam gorengan sebagai teman untuk menikmati mie ongklok ini. Cuaca yang sedang tidak bersahabat, hujan deras mengguyur kota Wonosobo siang itu, satu mangkuk mie ongklok, satu porsi sate ayam dan segelas minuman jeruk panas rasanya nikmat bangett.. Porsi untuk satu mangkuk mie ongklok ini tidak terlalu besar, bisa dibilang tidak begitu mengenyangkan, namun pas untuk perut.. jadi untuk para pria sepertinya perlu untuk memesan dua porsi kalau pengen kenyang, haha..

Overall, saya suka mie ongklok. Nanti kalau pulang Jogja mau cari yang jual mie ongklok ahh *ketagihan*


Mie ongklok Rp. 4.000,-

Selamat berkuliner...

Tidak ada komentar: