Sabtu, 10 November 2012

Nasi Pecel Bu Sumo

Yuk mari kuliner murah lagi. Kali ini selain murah juga sehat :D
Nasi pecel bu Sumo ! bukan sumo olahraga dari negeri Sakura itu ya..

Nasi pecel ini cukup legendaris di kota Semarang, bahkan sudah beberapa kali diliput di tivi. Nasi pecel ini menjadi salah satu makanan favorit bagi warga Semarang, sudah ada sejak tahun 1965. Apa yang membuat nasi pecel ini begitu special? Awalnya aku heran, nasi pecel kan ya cuma gitu-gitu aja..

Setelah begitu lama ingin mencicipi nasi pecel ini, hari ini akhirnya kesampaian juga. Warung ini berlokasi di jalan Kyai Saleh, Simpang Lima, Semarang. Warungnya cukup sederhana, tidak mewah, malah terkesan agak kotor. Warung kecil dengan meja dan kursi dari kayu, tetapi dari luar terlihat ramai banget oleh pengunjung.


Akupun masuk dan memesan satu piring nasi pecel. Satu porsi berisi nasi, sayur bayam, kacang panjang dan tauge yang disiram oleh sambel kacang. Lalu tersedia berbagai macam lauk, seperti telur ceplok, telur rebus, babat, tempe goreng, loenpia dan berbagai macam gorengan seperti bakwan, mendoan, dll.

Oke, nasi pecel sudah terhidang di atas meja, saatnya mencicipi. Begitu satu suap nasi pecel ini masuk ke dalam mulut, hmm, enaaakk :D serius, sambel kacangnya beda, kental, lembut dan rasanya lezat. Pantas saja banyak yang ketagihan sama nasi pecel bu Sumo ini. Dan menurut pemiliknya,sambal kacangnya tidak pernah memakai moto (penyedap rasa), tetapi memakai jeruk purut, resepnya sudah turun temurun selama 40 tahun.


Untuk harganya, cukup terjangkau. Aku memesan satu porsi nasi pecel, satu buah telur ceplok, dan dua gelas es teh cuma bayar Rp 9.000,- saja. Murah bukan?
Buat kalian yang ke Semarang, silakan mampir ke warung ini :D selamat berkuliner..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

yg buat es teh gak sopan banget ! Barusan aja mau nyantap pecel ngasi es teh gebrukin meja sampai nasi jatuh ! padahal kesan pertama belum pernah ngrasain pecel kyk gtuan udah kasi image jelek , gak minta maaf lagi tinggal pergi aja tuh . di liat org byk pas berantem sm si tukang es teh..