Selasa, 30 Agustus 2011

MADRE, adonan biang ini hidup..

Ini salah satu buku berisi kumpulan cerita karya Dewi Lestari (Dee)
Hmm.. Kebetulan sekali, saat ini aku sedang belajar membuat berbagai macam olahan pangan dari tepung terigu (tuntutan profesi). Membaca sebuah referensi tentang buku ini di internet, aku ngidam berat, kebetulan pas lagi ngumpul bareng sama teman-teman, ada seseorang yang menitipkan buku ini untuk dikembalikan ke empunya, WOW, kebetulan banget. Buku yang aku idam-idamkan tanpa pertanda apa-apa tiba-tiba sampai ke tangan, walaupun dengan status "pinjam".
Di dalam buku ini ada 13 judul cerita. Yang paling aku sukai adalah "Madre". Bercerita tentang seorang cowok yang hidupnya bebas di Bali, tiba-tiba menerima sebuah warisan dari seorang kakek di Jakarta yang baru saja meninggal, yang ternyata adalah kakek kandungnya. Dan warisan itu bukan berupa harta atau uang, tapi berupa sebuah kunci lemari es, yang di dalamnya terdapat sebuah stoples berisi sebuah adonan biang bernama : Madre. Dari sinilah kehidupan Tansen (tokoh utama) berubah. Bersama seorang kakek bernama Pak Hadi, penghuni toko roti tua "Tan de baker" milik kakek Tansen dulu, namun sekarang udah kolaps, Tansen belajar membuat roti untuk pertama kalinya, menyentuh Madre untuk pertama kalinya. Terjadi pertempuran dalam diri Tansen, untuk kembali ke Bali atau memperjuangkan Madre dan menghidupkan kembali toko roti tua di tengah kota Jakarta itu dari tidur panjangnya.

Buku ini sangat menarik.
Ada sedikit pengetahuan tentang roti di dalamnya. Dan seperti ciri khasnya Dee, selain Madre, ada beberapa cerita lain yang disuguhi dengan puisi-puisi khas Dee.

Selamat membaca :))

Tidak ada komentar: