Senin, 20 Juni 2011

Antara skripsi dan pekerjaan baru..

Tahukah kamu, salah satu pangan yang konsumsinya terbesar di masyarakat Indonesia adalah mie??

Bahan baku pembuatan mie adalah tepung terigu. Bahan baku tepung terigu adalah gandum. Gandum ga bisa tumbuh di bumi pertiwi kita, kebutuhan gandum saat ini masih 100% dipenuhi dengan cara impor dari negara lain, seperti USA, Australia, Canada, dll. Di negara kita, mie malah dijadikan sebagai makanan favorit, apalagi mie instan, siapa yang ga suka mie? Bahkan ada seorang teman yang sangat tergila-gila dengan mie.
Pamor roti juga makin naik, tingkat konsumsinya semakin meningkat. Bahan dasar roti juga si tepung terigu, masyarakat kita sudah mulai mengikuti gaya hidup barat yang demen makan roti. Ujung-ujungnya pangan lokal kalah pamor.

Dan yang lebih parah, di negara kita terdapat satu pabrik penggilingan tepung terigu terbesar no.1 di dunia!
Wow, padahal tanaman gandum ga tumbuh di Indonesia.


Dan ya, skripsiku, tentang modifikasi pati sukun, yang tujuannya adalah meningkatkan kualitas pati sukun agar bisa diolah menjadi berbagai macam produk makanan, terutama agar bisa diolah mejadi mie. Jadi mie diolah dari pati sukun, mungkin lebih tepatnya si pati sukun dapat dijadikan sebagai bahan subtitusi, untuk mengurangi ketergantungan kita akan tepung terigu. Selain itu, dasarnya adalah untuk diversifikasi pangan dan pemanfaatan pangan lokal untuk meningkatkan ketahanan pangan, secara sukun bisa tumbuh subur di tanah air kita tercinta, namun pemanfaatannya msi terbatas sekali.

N what a bla bla bla...
Bulan depan insyaAllah aku mulai bekerja di sebuah pabrik penggilingan tepung terigu terbesar ke-9 di dunia!
Hahahaha, kontra sekali dengan skripsiku.
Aku akan berpartisipasi dalam meningkatkan kemajuan sebuah pabrik penggilingan tepung terigu.

Bismillah saja..
Setiap jalan yang ada pasti sudah diatur oeh yang di atas.
Tuhan tahu apa yang terbaik untuk hambaNya =)

Tidak ada komentar: